5 Hal Menarik di Dunia Musik Tahun 2017

5 hal menarik

Siapa yang mengira bahwa tahun 2016 akan menjadi tahun yang membingungkan. Tahun dengan kemenangan Donald Trump, penisbihan Ahok, terkenalnya Awkarin dan jangan lupa hadirnya Vice di Indonesia. Hampir semua aspek mengalami keanehan di tahun ini, tidak terkecuali dunia musik. Melejitnya Rich Chigga di kancah musik hip-hop dunia (bahkan hingga berkolaborasi dengan Ghostfaced Killah), hingga puja-puji untuk Young Lex oleh kalangan remaja tanggung Indonesia.

Bayusvara.com – Di tengah kebingungan tersebut, dunia musik juga diberkahi dengan banyak hal baik. Ada rilisan-rilisan baru yang menarik, konser tunggal band-band keren hingga festival musik skala masif tanpa batasan genre (ingat Syncfest?).

Lalu bagaimana keadaan dunia musik di tahun 2017?  Kami berpendapat bahwa 2017 akan menjadi tahun yang baik untuk musik. Berikut hal-hal menarik yang akan terjadi di tahun 2017.

  1. Lahirnya Banyak Rilisan Ciamik
5 hal menarik

Kancah musik Indonesia di tahun 2016 dapat dibilang sangat menggairahkan. Wajah-wajah baru mulai terlihat, wajah-wajah lama mulai menyesuaikan diri bahkan peleburan dua wajah tersebut dapat terjadi di satu panggung.

Konsekuensi dari lahirnya kekuatan baru di dunia musik adalah lahirnya rilisan-rilisan baru. Tahun 2016 telah memberikan kita beberapa rilisan ciamik seperti Solitude dari sang piawai gitar yang juga basis dari supergrup Barasuara, Gerald Situmorang. Morfem dengan mahakaryanya yang bertajuk Dramaturgi  Underground. Akhir Desember, kita juga disuguhkan beberapa rilisan menarik seperti Mondo Gascaro dengan Raja Kelana-nya atau Indische Party dengan Analog.

Melihat 2016, tahun ini akan menjadi tahun yang patut ditunggu. Banyak grup musik yang sudah berjanji akan mengeluarkan album. Mulai dari grup rock and roll yang saat ini paling brengsek tapi cool, Kelompok Penerbang Roket hingga salah satu solois wanita paling diantisipasi Danilla Riyadi. Penasaran bukan, terdengar seperti apa musik Indonesia di tahun 2017?  Sama!

 

  1. Solois Pria
5 hal menarik

Tahun 2016 merupakan tahun dimana dikte televisi  sudah selesai, selera bergeser, label besar mengecil satu-persatu dan kekuatan pasar akhirnya kembali kepada pendegar. Salah satu penunjang kembalinya kekuatan tersebut adalah internet. Internet telah memberikan kebebasan penuh kepada pendengar musik untuk menentukan apa yang ingin mereka dengar dan mampu untuk say no pada musik arus utama atau musik televisi.

Lalu apa kabar musik pop ala solois pria? Apa sudah tidak menarik lagi? Jawaban kami sih masih. Banyak solois pria masih hadir dan mengambil hati pendengar musik Indonesia, mulai dari; Rizky Febian, Tulus hingga Kunto Aji. Menurut kami, tahun 2017  juga menjadi tahun yang menarik untuk mereka, para solois pria. Hal tersebut terlihat dari pendatang baru yang mulai menunjukan taringnya seperti; Rendy Pandugo yang sudah merilis satu single bertajuk I Don’t Care atau Jaz dengan single-nya Dari Mata. Tentu tanpa menutup manisnya album baru dari solois lama seperti Kunto Aji dan Teza Sumendra.

  1. Band dan Tour
5 hal menarik

Tour dapat dibilang menjadi pertanggung jawaban musisi dalam menampilkan secara langsung rekaman yang sudah dirilis kepada khalayak. Namun hal tersebut tidak lumrah terjadi di Indonesia bukan? Hal tersebut terlihat dari hanya segelintir musisi atau band Indonesia yang melakukan tour. Tahun lalu kita punya Barasuara dengan Taifun tour-nya dan Gerald Situmorang dengan Solitour-nya. Mereka merupakan dua musisi Indonesia yang melakukan tour di dalam Indonesia, namun selain mereka terdapat juga grup musik yang melakukan tour ke luar negeri. Grup musik tersebut adalah Stars and Rabbit dengan tour Eropa serta The SIGIT dengan tour Australia.

Kami berharap bahwa musisi-musisi yang melakukan tour tersebut dapat memicu musisi-musisi lain untuk melakukan hal yang sama, sehingga lebih banyak lagi kota yang bisa mendengar musik yang beragam. Kalau bisa sih sampai ke Timur Indonesia.

  1. Tim Produksi dan Sound Engineer muda
5 hal menarik

Di dunia musik tahun 2016, telah lumrah sebuah istilah bahwa dibalik band yang keren pasti ada tim produksi yang mati-matian check sound-nya (lebih keren). Tim produksi tersebut biasanya terdiri dari orang-orang yang mengerti sistem tata suara dan kebutuhan teknis dari band tersebut. Dapat dibilang di tahun 2016, hampir sebagian besar band independen mempunyai setidaknya satu orang untuk bertanggung jawab atas keperluan produksi dan teknis mereka. Maka dapat dilihat bahwa band baru sekarang sangat sadar bahwa kalau mau ngeband memang harus ngerti teknis juga. Hal tersebut diringi dengan tampilnya banyak sound engineer muda yang mulai menavigasikan suara bagi band-band yang bersangkutan. Sebut saja, Bayu Perkasa dari Barasuara, Gerard Rumintjap dari Scaller, Adrianus A Haryo dari the-next-big-thing-nya band “kencang” Piston dan masih banyak lagi. Menurut kami, tahun 2017 akan menjadi tahun dimana dunia produksi musik Indonesia akan kedatangan wajah-wajah baru. Semoga dengan semakin tingginya kesadaran musisi dan band atas kebutuhan teknis berbanding lurus dengan kualitas penampilan live mereka. Sehingga tahun 2017 akan menjadi tahun yang menarik untuk menonton langsung band-band yang kamu suka!

  1. Live Music di Kanal Youtube
5 hal menarik

Kesadaran orang-orang untuk merekam langsung penampilan musik dan mengunggahnya ke Youtube merupakan sebuah tren yang 2-3 tahun terakhir ini tengah berkembang. Tidak sedikit juga orang-orang yang membuat situs dengan menu utama penampilan musik yang diunggah di Youtube. Salah satu kanal paling dikenal yang berhasil mengikutsertakan band-band baru yang keren dan band-band lama legendaris adalah Sounds From The Corner. Band yang terlibat di kanal tersebut beragam, mulai dari Payung Teduh, Barasuara, Sheila on 7 hingga Dewa 19. Jenis kontennya pun beragam, ada yang berupa rekaman panggung band tersebut dan ada juga rekaman video live yang lebih intim di studio.

Selain Sounds From The Corner, ada juga Klik Klip yang fokusnya lebih kepada band-band baru. Dengan hanya bermodalkan demo saja, band-band baru dapat tampil di studio Klik Klip yang rekaman live-nya akan diunggah ke kanal Youtube mereka. Selain Klik Klip, ada juga Ruhara yang menyuguhkan penampilan live dengan konsep unik berupa silent gig. Dalam kanal youtubenya dapat dilihat beberapa rekaman penampilan langsung dari beberapa band lengkap dengan penontonnya yang ber-headset. Nah, di tahun 2017 menurut kami akan lebih banyak kanal Youtube yang mengunggah rekaman live dari musisi-musisi dan band-band Indonesia. Youtube akan penuh dengan penampilan live dari berbagai band atau musisi, mulai dari yang keras hingga yang pelan, yang baru hingga yang sudah jadi dedengkot. Sehingga kami dapat simpulkan bahwa tahun 2017 merupakan tahun yang baik untuk menonton Youtube.

Secara garis besar, dunia musik di tahun 2017 akan berkembang menjadi sesuatu yang sangat menarik. Internet yang memberikan kemudahan akses, suburnya acara-acara musik: mulai dari skala komunitas hingga skala nasional dan telinga pasar yang lebih luas merupakan sedikit dari banyak alasan mengapa tahun 2017 akan menjadi tahun yang menarik.

Jadi sisihkan jajanmu! Tabunglah untuk memborong rilisan-rilisan baru dan nonton acara musik yang semakin keren di tahun ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us