Menuju Korean Culture Day 2016, Hwarang FIB UI Sukses Gelar Korean Mini Fair

Hwarang

Bertempat di Auditorium Gedung IX FIB UI, Himpunan Mahasiswa Koreanologi FIB UI yang tergabung dalam ‘Hwarang’ kembali menghelat Korean Mini Fair sebagai pre-event gelaran tahunan Korean Culture Day 2016.

Bayusvara.com – Korean Culture Day 2016 (KCD) diprediksi akan menjadi KCD terbesar yang pernah ada. Tahun ini Hwarang menggelar rangkaian pre-event sebanyak dua kali, berbeda dengan biasanya yang hanya mengadakan satu kali pre-event. Bertajuk ‘Road to Korean Culture Day 2016,” rangkaian acara KCD 2016 pertama diadakan pada 5 – 7 Februari lalu di One Belpark Mall. Korean Mini Fair (KMF) yang diadakan pada Jumat 18 Maret kemarin merupakan rangkaian acara yang kedua.

0088
Suasana kemeriahan di atas panggung Korean Mini Fair (photo: @mzbbwwrks_)

KMF dibuka dengan tarian Kalchum (Tari Pedang) dan Talchum (Tari Topeng) yang merupakan tarian tradisional Korea oleh Tim Seni Hwarang. Lomba Karaoke antar Himpunan Mahasiswa Jurusan FIB UI juga tetap ada dalam serangkaian acara KMF. Lomba ini dimenangkan oleh Program Studi Jawa yang diwakilkan oleh Bramantya Dwipramadya di tempat pertama, dan Program Studi Prancis dengan perwakilannya Arissa Shaquila di tempat kedua.

 

Menariknya, selain lomba karaoke lagu Korea yang bersifat hiburan, KMF juga menyelipkan konten edukasi dengan mengadakan workshop Bahasa Korea Dasar dan workshop membuat Kimbab (makanan tradisional Korea). Selain itu, KMF juga mengadakan talkshow edukatif bertajuk “From Hobby to Money” yang mengundang Canti Clarinta, penulis novel “Oppa!! (The Life of a Fan Girl)” dan Euis Sulastri, S.Hum, M.A, dosen Program Studi Bahasa dan Kebudayan Korea sebagai pembicara.

0099
90 Horse Power menjadi salah satu band yang tampil di KMF (photo: @mzbbwwrks_)

KMF ditutup dengan penampilan beberapa musisi lokal FIB UI. Diakui Rena selaku Project Officer, hal ini yang membedakan KMF kali ini dengan tahun-tahun sebelumnya yang bisa dibilang serba Korea. Hal ini dilakukannya untuk menarik pengunjung yang lebih umum. Karmia, Dekresenda, Satrio x Rubina, Sudhobool dan 90 Horse Power adalah beberapa musisi lokal FIB yang tampil pada gelaran KMF kemarin.

Mengenai Korean Culture Day 2016 yang akan dihelat pada 16 April mendatang, Rena berharap semua dapat berjalan sesuai dengan yang sudah direncanakan. Mengangkat tema “One Day in Seoul,” KCD 2016 akan membawa nuansa Kota Seoul ke Balairung UI melalui konsep dekorasi yang spektakuler. Gelaran yang terkenal selalu memboyong artis Korea sebagai bintang tamu utama ini pun telah merilis info bahwa tahun ini KCD masih akan melanjutkan tradisi tersebut. Setelah Eru pada tahun 2015, tahun ini KCD mengundang musisi indie asal Korea, Sugar Bowl. (I. Rahman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us